PENGARUH FAKTOR TANGIBLE DAN RESPONSIVINESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO ARKAND KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN ANGKOLA JULU

  • Nirmala Haty Harahap
Keywords: Tangibles, Responsiviness dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Abstrak

Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai usaha pada kegiatan yang sifatnya pemberi jasa. Peranan pelayanan akan lebih besar dan menentukan jika pada kegiatan jasa tersebut bersaing dalam upaya merebut pangsa pasar atau pelanggan. Suatu kebijakan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsive) dan tepat kepada pelanggan, dengan penyampaian informasi yang jelas. Membiarkan konsumen menunggu persepsi yang negatif dalam kualitas pelayanan. Kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukan eksistensinya kepada pihak eksternal. Penampilan dan kempampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan yang dapat diandalakan keadaan lingkungan sekitarnya merupakan bukti nyata dari pelayanan yang diberikan oleh pemberi jasa

Berdasarkan judul di atas, pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda, dan kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, dan pengujian Koefisien Determinasi. Dimana Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 responden. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai α = 0.005. Maka dari hasil penelitian diperoleh nilai thitung faktor tangibles= 2.127 dan nilai t hitung reponsiviness = 5.113 sehingga thitung > ttabel. Maka dengan demikian Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Variabel faktor tangibles dan responsiviness dapat mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan sebesar 41%. Sedangkan sisanya 59% dapat dijelaskan oleh variabel – variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Published
2020-06-09