UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT PADASISWA KELAS XI MIA 1SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015

  • Ummi Kalsum Pasaribu
Keywords: Critical incident, Keterampilan berbicara, Hasil belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Padang Bolak, dimana sebagian besar siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam berbicara Bahasa Inggris, baik dari pelafalan, tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary). Siswa masih mengalami kebingungan, apa yang harus mereka katakan pada saat berbicara lisan. Sehingga proses belajar mengajar dirasakan berjalan kurang kondusif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris diterapkan Strategi Pembelajaran Critical Incident pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Padang Bolak.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Padang Bolak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan.Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Critical Incident menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai mencapai mencapai ketuntasan 68.75% dengan nilai rata-rata siswa 72.50, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80.31 dengan ketuntasan mencapai 84.38%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Critical Incident dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Padang Bolak.

Published
2019-12-17