PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 200308 SIMIRIK PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 200308 Simirik Padangsidimpuan”.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 200308 Simirik Padangsidimpuan dan penelitian ini dilakukan mulai bulan November 2017 sampai dengan selesai. Adapun alasan pemilihan sekolah ini yaitu karena sepengetahuan penulis belum ada yang membahas masalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi siswa melalui kajian lewat penelitian, selain itu lokasi sekolah dekat dengan tempat tinggal peneliti yang hal ini bisa mempermudah peneliti dalam melakukan penelitian. Berdasarkan uraian data dan analisis penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi belajar siswa materi pokok Balok di kelas V SD Negeri 200308 Simirik Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017-2018 dari Bab I sampai Bab IV, dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut : Penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pokok Balok di kelas V SD Negeri 200308 Simirik Padangsidimpuan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam pembelajaran matematika ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 200308 Simirik Padangsidimpuan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada rata-rata motivasi belajar peserta didik yaitu pada siklus I rata-rata motivasi belajar peserta didik 55,13% , pada siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar menjadi 73,73%.