PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA DI SMA NEGERI 1 BATANG ANGKOLA

  • Elnila Caniago

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa, untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis teks eksposisi siswa, untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks eksposisi  siswa. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode eksprimen.Metode ini digunakan untuk melihat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiriterhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Angkola, yang terdiri atas 5 kelas dengan total seluruhnya 160 siswa.Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel yakni sebanyak 48 siswa. Sesuai dengan pendapat Arikunto (2005) yang menyatakan,“ Jika peneliti mempunyai beberapa ratus subjek dalam populasi mereka dapat menentukan kurang lebih 25-30% dari jumlah subjek tersebut.  Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan diperolehnya r hitung lebih besar  dari nilai rtabel yaitu 0,786>0,284, pengaruh strategi pembelajaran inkuiri tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 79. Keterampilan menulis teks eksposisi siswa tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 75.Hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Published
2018-12-03