STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA PADANGSIDIMPUAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2014

  • Yusniar Harahap
  • Nur Hakima Akhirani Nasution
  • Fitri Romaito Lubis
  • Helmi Suryana Siregar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan tentang strategi KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2014 di Kota Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penelitian pustaka dan dokumentasi, kemudian data tersebut diolah, sehingga menghasilkan data yang berupa uraian penjelasan tentang strategi KPU meningkatkan partisipasi pemilih.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi KPU meningkatkan partisipasi pemilih melalui: (1). Strategi Penguatan, upaya untuk meningkatkan partisipasi dengan melihat kualitas KPU, yaitu meningkatkan koordinasi antar anggota KPU baik tingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, meningkatkan kapasitas dan kualitas penyelenggara pemilu, memperkuat komunikasi dan keterbukaan KPU kepada publik serta memberikan jaminan ketersedian sejumlah data yang akurat. (2). Strategi Rasionalisasi, upaya yang dilakukan adalah dengan membuat selebaran kertas yang berisikan nama-nama calon legislatif, selain itu memberikan informasi melalui media massa dan media elektronik, gambar atau baliho.(3). Strategi Bujukan, melakukan program jalan sehat, KPU goes to school serta dialog pemilu secara langsung kepada masyarakat.(4). Strategi Konfrontasi, berupa sosialisasi cara memilih dan kerugian jika tidak memilih, maka pihak KPU mengajak masyarakat untuk memilih, karena jika tidak memilih, maka akan hilang hak politiknya. Adapun kelompok sasaran dalam melakukan sosialisasi, yaitu kelompok prempuan, pelajar dan mahasiswa, keagamaan, kelompok pemilih pemuda.

Kata Kunci : Strategi KPU, Partisipasi pemilih.

Published
2022-08-29