https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/issue/feedJurnal Cermatika2024-07-14T03:57:07+00:00Alwendicermatika85@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Cermatika means pedagogy or the science of learning, so Jurnal Cermatika is defined as mathematics learning. The presence of mathematics journals is expected to increase the publications in the field of mathematics learning in order to discuss mathematics issues such as students’ perception of mathematics as a difficult subject.</p> <p>Jurnal Cermatika is a periodical academic journal that is published by the Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara. This Journal is published twice a year <strong>(April and October)</strong>.</p> <p>This journal was established on April 20, 2021, and published its first edition in April 2021. This Journal publishes new and original research in the field of mathematics teaching and learning, technology in mathematics teaching and learning, and mathematics education. </p> <p>The journal has been published in the printed version with ISSN number <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210420140367225">2776-6039</a> starting from the first edition. the publication will be used in the online version of ISSN starting in Vol. 1, No. 1 April 2021.</p> <p><strong>Online Submissions</strong><strong><br></strong>1. Already have a Username or Password for Jurnal Didaktik Matematika? Please <strong><em><a href="https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/login">GO TO LOGIN</a></em></strong><br>2. Need a Username/Password? <strong><em><a href="https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/user/register">GO TO REGISTRATION</a></em></strong></p> <p>Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.</p> <p>For further information, you can email us at <a href="mailto:prodimtkugn85@gmail.com">prodimtkugn85@gmail.com</a></p> <p>Please read this guideline carefully. Every manuscript sent to the editorial office of the journal ought to follow the writing guidelines. If the manuscript does not meet the author's guidelines or any manuscript written in a different format, the article <strong>will BE REJECTED</strong> before further review. Only submitted manuscripts that meet the journal format will be processed further.</p>https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1425Penerapan Hands On Mind On Activity Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMA Negeri 12024-07-01T15:21:57+00:00Trio Kharismatriokharisma@gmail.comYuni Rhamayantiyunirhamayantiugnp@gmail.comadek Nilasari Harahapadek.harahap1988@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Hands on minds on activity dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika secara efektif pada siswa SMA Negeri 1 Angkola Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberi tes akhir untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi aturan pencacahan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian dari 30 orang siswa pada tes awal terdapat 11 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 36,7% dengan nilai rata- rata 53,8 ternyata pada tes awal belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus I ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa sedikit meningkat yaitu terdapat 16 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 53,3% dengan nilai rata-rata 60,8, ternyata pada siklus I belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus II ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa semakin meningkat yaitu terdapat 26 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar 86,7% dengan rata- rata 73,9. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan aturan pencacahan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Angkola Timur Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Hands on mind on activity dengan pendekatan kontekstual.</p>2024-07-01T15:21:01+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Cermatikahttps://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1426Pengaruh Demonstrasi Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang2024-07-01T15:36:44+00:00Habibah Rahmah Siregar habibahrahmah.hr@gmail.comMohd. Arifinmohd_arifin@gmail.comNurdalilahnurdalilah31@gmail.com<p>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 76 siswa, dua kelas ini akan digunakan sebagai sampel penelitian. Kelas kontrol sebanyak 25 siswa dan kelas eksperimen 25 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan postest. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan . Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara demonstrasi alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs. Muhammadiya 22 Padangsidimpuan.</p>2024-07-01T15:36:44+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Cermatikahttps://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1427Pengaruh Penerapan Model Pace Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Theorema Pythagoras Di MTs YPKS2024-07-01T15:48:42+00:00Sapriani Lubissapriani56@gmail.comNova Christina Dewinovacristina@gmail.comadek Nilasari Harahapadek.harahap1988@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan antara lain : untuk mengetahui pengaruh penerapan model PACE terhadap kemamapuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi theorema pythagoras di MTs YPKS Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah sebanyak 52 orang. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara lain nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran PACE lebih baik dibandingkan dengan metode konensional. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen sebesar 84,03 dan untuk kelas Kontol rata-rata sebesar 76,34. Hasil uji statistik diterapkan dalam penelitian ini diperoleh rhitung sebesar 0,689, sementara rtabel nya 0,388. Dan nilai rxy nya sebesar 0,747, termasuk dalam kategori kuat. Berdasarkan dari rumus N-Gain kita dapat melihat bahwa siswa yang ditelitih termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai sebesar 5,378, dan dapat disimpulkan dalam temuan penelitian bahwa hasil belajar menggunakan model PACE lebih baik dari pada menggunakan metode konvensional dengan presentase peningkatan sebesar 10,07 % berpengaruh tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi theoema pythagoras. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model PACE, sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan memperoleh mamfaatnya.</p>2024-07-01T15:48:42+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Cermatikahttps://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1428Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share DI MA YPKS2024-07-01T16:00:13+00:00Sakinah Harahapsakinah@gmail.comMohd.Arifin Lubismohd_arifin@gmail.comNova Christina Dewidewinova704@gmail.com<p>Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkat hasil belajar di kelas X MA YPKS Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA YPKS Padangsidimpuan yang berjumlah 24 orang, yang dimana siswa perempuan berjumlah 15 orang dan laki laki berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di MA YPKS Padangsidimpuan kelas X tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar siswa adalah 60,41% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase hasil belajar siswa mencapai 68,12 %. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,71%. Dengan demikian Penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA YPKS Padangsidimpuan.</p>2024-07-01T16:00:13+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Cermatikahttps://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1457Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran Reciprocal teaching2024-07-14T03:57:07+00:00Eka Surya Rindaniekasurya@gmail.comadek Nilasari Harahapadek.harahap1988@gmail.comNurdalilahnurdalilah31@gmail.com<p>This research is classroom action research (PTK). The learning tools used in this research are the Learning Implementation Plan (RPP), Student Activity Sheet (LAS), test instruments, student activity observation sheets and teacher ability observation sheets to manage learning. The results of the research showed that by applying the Reciprocal Teaching learning model in cycle I, the percentage of completeness in the minimum "sufficient" category was 73.08% and in cycle II it was 84.62%. There was an increase from cycle I to cycle II of 11.54%. With achievement indicators ≥ 80% have been achieved. Then, for the results of observations of student activities in cycle I, it was found that the level of student activity was 71.05% "fair" in cycle II 80.69% "good". The increase that occurred from cycle I to cycle II was 9.64%, the achievement indicator was ≥ 80%. Meanwhile, the results of observations of the teacher's ability to manage learning in cycle I and cycle II were obtained in the "good" category.</p>2024-07-14T03:57:07+00:00Copyright (c)