https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/issue/feed Jurnal Cermatika 2024-07-01T16:00:13+00:00 Yuni Rhamayanti, M.Pd cermatika85@gmail.com Open Journal Systems <p>JURNAL CERMATIKA p:ISSN :&nbsp;2502-5139<strong>&nbsp;</strong>&nbsp;dan e-ISSN : 2776:6039 Merupakan salah satu&nbsp; jurnal elektronik&nbsp; di&nbsp; Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan.&nbsp;Sebagai media komunikasi antar peminat bidang matematika dan aplikasinya. Ruang lingkup JURNALCERMATIKA&nbsp;meliputi analisis, aljabar, topologi, grafik, pendekatan simulasi numerik atau yang dikenal dengan analisis numerik.</p> https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1425 Penerapan Hands On Mind On Activity Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMA Negeri 1 2024-07-01T15:21:57+00:00 Trio Kharisma triokharisma@gmail.com Yuni Rhamayanti yunirhamayantiugnp@gmail.com adek Nilasari Harahap adek.harahap1988@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Hands on minds on activity dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika secara efektif pada siswa SMA Negeri 1 Angkola Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberi tes akhir untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi aturan pencacahan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian dari 30 orang siswa pada tes awal terdapat 11 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 36,7% dengan nilai rata- rata 53,8 ternyata pada tes awal belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus I ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa sedikit meningkat yaitu terdapat 16 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 53,3% dengan nilai rata-rata 60,8, ternyata pada siklus I belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus II ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa semakin meningkat yaitu terdapat 26 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar 86,7% dengan rata- rata 73,9. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan aturan pencacahan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Angkola Timur Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Hands on mind on activity dengan pendekatan kontekstual.</p> 2024-07-01T15:21:01+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Cermatika https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1426 Pengaruh Demonstrasi Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang 2024-07-01T15:36:44+00:00 Habibah Rahmah Siregar habibahrahmah.hr@gmail.com Mohd. Arifin mohd_arifin@gmail.com Nurdalilah nurdalilah31@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 76 siswa, dua kelas ini akan digunakan sebagai sampel penelitian. Kelas kontrol sebanyak 25 siswa dan kelas eksperimen 25 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan postest. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan . Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara demonstrasi alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs. Muhammadiya 22 Padangsidimpuan.</p> 2024-07-01T15:36:44+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Cermatika https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1427 Pengaruh Penerapan Model Pace Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Theorema Pythagoras Di MTs YPKS 2024-07-01T15:48:42+00:00 Sapriani Lubis sapriani56@gmail.com Nova Christina Dewi novacristina@gmail.com adek Nilasari Harahap adek.harahap1988@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan antara lain : untuk mengetahui pengaruh penerapan model PACE terhadap kemamapuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi theorema pythagoras di MTs YPKS Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah sebanyak 52 orang. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara lain nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran PACE lebih baik dibandingkan dengan metode konensional. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen sebesar 84,03 dan untuk kelas Kontol rata-rata sebesar 76,34. Hasil uji statistik diterapkan dalam penelitian ini diperoleh rhitung sebesar 0,689, sementara rtabel nya 0,388. Dan nilai rxy nya sebesar 0,747, termasuk dalam kategori kuat. Berdasarkan dari rumus N-Gain kita dapat melihat bahwa siswa yang ditelitih termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai sebesar 5,378, dan dapat disimpulkan dalam temuan penelitian bahwa hasil belajar menggunakan model PACE lebih baik dari pada menggunakan metode konvensional dengan presentase peningkatan sebesar 10,07 % berpengaruh tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi theoema pythagoras. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model PACE, sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan memperoleh mamfaatnya.</p> 2024-07-01T15:48:42+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Cermatika https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1428 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share DI MA YPKS 2024-07-01T16:00:13+00:00 Sakinah Harahap sakinah@gmail.com Mohd.Arifin Lubis mohd_arifin@gmail.com Nova Christina Dewi dewinova704@gmail.com <p>Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkat hasil belajar di kelas X MA YPKS Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA YPKS Padangsidimpuan yang berjumlah 24 orang, yang dimana siswa perempuan berjumlah 15 orang dan laki laki berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di MA YPKS Padangsidimpuan kelas X tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar siswa adalah 60,41% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase hasil belajar siswa mencapai 68,12 %. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,71%. Dengan demikian Penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA YPKS Padangsidimpuan.</p> 2024-07-01T16:00:13+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Cermatika