UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS VII-2 SMPN 5 SIABU
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui model teams Games Tournament (TGT) di ke kelas VII-2 SMP Negeri 5 Siabu Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). yaitu merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Alasan pemilihan kelas ini adalah karena di kelas ini prestasi belajar siswanya masih relatif rendah Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa melalui Model PembelajaranTeams Games Tournament(TGT) dengan Menggunakan Alat Peraga Roda Bangun Datar dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas VII-2 SMP Negeri 5 Siabu”.
Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase pemahaman konsep matematika siswa pada Siklus I pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 23,07% meningkat menjadi 46,15%. Kemudian pada Siklus II pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 65,38% meningkat menjadi 80,76%.