PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: Peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pengajaran langsung, Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Padangsidimpuan.Secara acak, dipilih satu sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMP Negeri 3Padangsidimpuan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari lima kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran langsung.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi Analisis data dilakukan dengan analisis covarians (ANACOVA).Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika dibandingkan siswa yang pembelajaran dengan model pengajaran langsung.
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif.