PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BILANGAN RASIONAL BERPANGKAT BILANGAN BULAT

  • adek nila sari Universitas graha nusantara
Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan bilangan rasional berpangkat bilangan bulat dikelas IX. Serta melihat ketuntasan belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postest, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes hasil belajar pada materi bilangan rasional berpangkat bilangan bulat.

                Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung > ttabel  yaitu 2,5008 > 1,667 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada sub pokok bahasan bilangan rasional berpangkat bilangan bulat dikelas IX. Ketuntasan belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing diperoleh 27 dari 30 siswa (92,5%) telah tuntas belajar dan 3 siswa (7,5%) siswa tidak tuntas belajar.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL   THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BILANGAN RASIONAL  BERPANGKAT BILANGAN BULAT
Published
2021-03-31