UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 2 BATAHAN TP. 2022/2023

  • Mansukri Universitas Graha Nusantara
  • Yuni Rhamayanti Universitas Graha Nusantara
  • adek Nilasari Harahap Universitas Graha Nusantara
Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Quantum Learning, Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengambil subjek penelitian siswa Kelas di kelas VIII-2 yang terdiri dari 30 orang dengan komposisi perempuan 17 orang dan laki-laki 13 orang. Sedangkan Objek Penelitian ini adalah penggunaan model Quantum Learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan Pemahaman Konsep siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang. Hasil penelitian ini ini menunjukkan hasil tes pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII-2 setelah diberi perlakuan dilihat dari hasil tes belajar siswa pada siklus I sebesar 73,33 % tuntas, dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 90,00% tuntas. Berdasarkan data hasil penelitian melalui observer siswa siklus I kadar aktivitas sebesar 70,33%, dan pada siklus II d kadar aktivitas sebesar 94,00%. Berdasarkan hasil data persentase melalui observer guru diperoleh siklus I nilai kadar aktivitas sebesar 70,33 % dan pada siklus II nilai kadar aktivitas sebesar 94,00 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk pada kategori “sangat baik” dan sudah memenuhi kriteria pencapaian penelitian, maka penelitian ini berhenti pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Batahan Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Ali, Muhammad, 2008, Psikologi Remaja, Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Asma, Nur, 2009, Model Pembelajar Kooperatif, Padang: Universitas Negeri Padang Press.
Bachtiar, Amsal, 2004, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Budiningsih, C. Asri,2008, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, 1999, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Harahap, A. N., & Lubis, S. S. 2021. Upaya Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Inquiry Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 6(1), 118-124.
Harahap, A. N., & Nurdalilah, N. 2020. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Penerapan Metode Inquiry. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 67-78.
Kunandar, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Munandar Utami, 1999, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
Nur Kencana, Wawan, 1986, Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha nasional.
Rusman, 2009, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silaban, V. Y., Arifin, M., & Dewi, N. C. 2021.Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD Negeri 157618 Hutagurgur I. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 6(2), 274-280.
Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, A. Robert, 2009, Coopertive Learning, Bandung: Nusa Media.
Sobel, Max A. & Evan M. Maletsky, 2002, Mengajar matematika sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas, dan Strategi untuk Guru matematika SD, SMP, SMA), Jakarta: Erlangga.
Sugiyono, 2008, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus, 2012, Cooperative Learning teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryobroto, 2009, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto, 2009, Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif, Jakarta:Kencana.

Yamin, Martine, & Ansari Bansu, 2008, Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2024-07-02