MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI MODEL (ACTIVE LEARNING) TIPE QUIZ TEAM DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN TA. 2023-2024

  • Arnilaisra Yanthi Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Susi Sulastri Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Puspa Riani Nasution Universitas Graha Nusantara
Keywords: Hasil Belajar, Aljabar, Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Quiz Team

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu Apakah Model Pembelajaran Active learning Tipe Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bentuk Aljabar. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 9 Padangsidimpuan kelas VII Semester Ganjil TA.2023/2024 yang berjumlah 24 siswa, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model Active Learning Tipe Quiz Team pada pokok bahasan bentuk Aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK). Berdasarkan hasil penelitian sebelum diberikan tindakan pengajaran dengan metode Active Learning Tipe Quiz Team nilai rata-rata tes awal siswa adalah 32,19dengan tingkat ketuntasan belajar 4,16% dan belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, maka diberikan tindakan pada siklus I. Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui metode Active Learning Tipe Quiz Team pada siklus I nili rata-rata tes hasil belajar I adalah 74,16 dengan tingkat ketuntasan belajar 54,16%. Karena pada siklus I belum mencapai tingkat ketuntasan belajar maka dilanjutkan paa siklus II, pada siklus II ini kesalahan yang ada pada siklus I diperbaiki.. Sehingga nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus II ini memperoleh peningkatan. Pada tes hasil belajar II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 82,5 dengan tingkat ketuntasan belajar 87,5% sehingga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 8,34 dan peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar33,34%.

References

Ahmad Tanzeh. (2011). Metodologi penelitian praktis, Yogyakarta : Teras Pustaka.
Ahdar Djamaluddin. (2019). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : CV. Kaaffah Learning Center.
Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.
Fitriani, F., Rhamayanti, Y., & Harahap, A. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 356-360.
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101-112.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Fauziana, L., & Lubis, S. S. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendektan Kontekstual Di Kelas VIIA SMP Negeri 2 Linggabayu. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 1(1), 26-32.
Hasbi, M., Harahap, A. N., & Harahap, H. H. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Demontrasi Berbantuan Lembarkerja Siswa (LKS) Di Kelas VII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Cermatika, 3(2), 43-47.
Lubis, S. S., Nurdalilah, N., & Rayana, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction (Pbi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel Di Ponpes Salapiah Gunung Silayanglayang. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 44-50.
Moch Masyukur dan Abdul Halim Fathani. (2007). Matematika : hakikat dan logika, Jogyakarta : Ar-Ruzzz Media.
Nduru, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Minat Belajar Matematis Siswa pada Materi Aljabar di SMP N 2 Tigabinanga T. A 2020/2021.
Nurdalilah, N., Harahap, A. N., & Rhamayanti, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Make A Match Pada Materi Pokok Teorema Phytagoras. PeTeKa, 2(1), 39-44.
Nurdalillah, N., Harahap, A. N., Lubis, S. S., & Sikumbang, R. S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1-6.
Nurdyansyah, Andiek Widodo. (2015). Inovasi teknologi pembelajaran,. Sidoarjo, : Nizamia Learning Center.
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.
Septembriani, P., & Liberna, H. (2023). Perkembangan Minat Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah IPA dan Matematika (JIIM), 1(3), 94-104.
Taridala, S., & Anwar, R. (2023). TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.
Published
2024-07-02