ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Arniwidia Ningsih Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Nurdalilah Universitas Graha Nusantara
  • Susi Sulastri Lubis Universitas Graha Nusantara
Keywords: Analisis, Berpikir Kritis, Kemampuan Awal Siswa

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis kemampuan  berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas VII3 SMPN 9 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini dalah penelitian deskriptif  kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan  penyelesaian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII3 SMPN 9 Padangsidimpuan sebanyak 3 orang siswa. Teknik penentuan subjek yaitu dengan memberikan tes kepada seluruh siswa kelas VII3 untuk menentukan subjek yaitu  siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penentuan subjek berdasarkan pertimbangan guru mata pelajaran dan skor hasil tes. Penelitian ini mengacu pada empat aspek indikator berpikir kritis yaitu: menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa terdapat perbedaan berpikir kritis siswa yang berkemampuan  tinggi, siswa yang berkemampuan sedang, dan siswa yang berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan disimpulkan bahwa subjek dengan kemampuan awal tinggi memenuhi keempat indikator berpikir kritis yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Subjek dengan kemampuan awal sedang memenuhi dua indikator berpikir kritis yaitu: interpretasi dan evaluasi. Dan subjek dengan kemampuan awal rendah tidak memenuhi indikator berpikir kritis.

References

Alexandra, G., Novisita, R. 2018. Profil Kemampuan berpikir kritis siswa SMP dengan graded response models. Jurnal Mosharafa, (Online), Vol. 7, No.1, (https://journal.institutpendidikan.ac.id diakses pada 22 Mei 2023)
Alfianika, N. 2018. Metode penelitian pengajaran bahasa indonesia. Yogyakarta: Deepublish bekerja sama dengan STKIP PGRI Sumbar press.
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371-37.
Dewi Salma P. (2008). Prinsip disain pembelajaran. Jakarta: Prenada Kencana Group.
Edura, 2020.Bentuk dan Operasi Aljabar: Pengertian dan Unsur Pembentuk. (Online),(https://www.edura.id/blog/matematika/bentukdanoperasialjabar/diakses pada 22 Mei 2023.
Fisher, A. (2019). What Critical Thinking Is. Studies in Critical Thinking, 7–32.
Gunawan.2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik.(Online), (https://scholar.google.co.id diakses pada 23 Mei 2023)
Hamzah B. Uno.(2011). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Harahap, A. N., & Mudjiran, M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dilihat Dari Gaya Belajar Di Kelas VIII-1. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6381-6387.
Harahap, A. N., Bentri, A., Musdi, E., Yerizon, Y., & Armiati, A. (2024). Analysis of students' critical thinking skills in solving mathematics problems in terms of students' initial ability. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 7(1), 39-52.
Kaleiloglu, F., &Gulbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking Disposition in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248—258.
Loviga Denny Pratama , Wahyu Lestari. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Martinis Yamin.(2007). Profesionalisasi guru dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Muhammad, Yusmar. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Dan Segiempat Berdasarkan Prosedur Newman. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Novalia, Y., Panjaitan, D. J., & Nurdalilah, N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika pada pembelajaran berbasis masalah. Maju, 8(2), 503093.
Sherly Anindia Putri. 2019. Skripsi. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalahmatematika Dibedakan Dari Tingkat Kecemasan.
Sihotang, K. (2019). Kecakapan Hidup di Era Digital (R. Wahyudi (ed.); 1st ed.). PT. Kanisius.
Siregar, E., Arifin, M., & Lubis, S. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dengan Penggunaan Microsoft Excel Madrasah Aliyah Nahdlatul’Ulama Batang Toru. PeTeKa, 4(1), 52-57.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Susiyati. 2014. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.
Wijaya, Tommy Tanu, Neng Suci Septiani Dewi, Indah Retta Fauziah, and M Afrilianto. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang.” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6(1): 19–28
Published
2024-07-02