Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share DI MA YPKS

  • Sakinah Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Mohd.Arifin Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Nova Christina Dewi Universitas Graha Nusantara
Keywords: Think Pair Share, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkat hasil belajar di kelas X MA YPKS Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA YPKS Padangsidimpuan yang berjumlah 24 orang, yang dimana siswa perempuan berjumlah 15 orang dan laki laki berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di MA YPKS Padangsidimpuan kelas X tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar siswa adalah 60,41% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase hasil belajar siswa mencapai 68,12 %. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,71%. Dengan demikian Penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA YPKS Padangsidimpuan.

References

Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Asmal Baktiar. 2004. Filsafat Ilmu, Jakarta : Rajawali.
Dewi, N. C., Nasution, P. R., & Hasibuan, S. G. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Himpunan Di Kelas VII Smp Negeri 5 Batang Angkola Tahun Ajaran 2021-2022. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 58-63.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi
Mahasatya.
Fitriani, Y Rhamayanti, AN Harahap. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal MathEdu 4(3).
Hamalik, O. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Sudjana.2012. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, M. A., Panjaitan, A. M., & Harahap, A. N. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Mts Ypks Padangsidimpuan. Eksakta: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa, 6, 235-241.
Purwantari, Kristiana. 2016. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan Matematika 4(2).
Sanjaya, Wina, 2011, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Silaban, V. Y., Arifin, M., & Dewi, N. C. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD Negeri 157618 Hutagurgur I. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 6(2), 274-280.
Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.
Sudjana, Nana, 2011. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabet.
Trianto, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana.
Published
2024-07-01