Pengaruh Penerapan Model Pace Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Theorema Pythagoras Di MTs YPKS

  • Sapriani Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Nova Christina Dewi Universitas Graha Nusantara
  • adek Nilasari Harahap Universitas Graha Nusantara
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; PACE; Theorema Pytagoras

Abstract

Penelitian ini bertujuan antara lain : untuk mengetahui pengaruh penerapan model PACE terhadap kemamapuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi theorema pythagoras di MTs YPKS Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah sebanyak 52 orang. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara lain nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran PACE lebih baik dibandingkan dengan metode konensional. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen sebesar 84,03 dan untuk kelas Kontol rata-rata sebesar 76,34. Hasil uji statistik diterapkan dalam penelitian ini diperoleh rhitung sebesar 0,689, sementara rtabel nya 0,388. Dan nilai rxy nya sebesar 0,747, termasuk dalam kategori kuat. Berdasarkan dari rumus N-Gain kita dapat melihat bahwa siswa yang ditelitih termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai sebesar 5,378, dan dapat disimpulkan dalam temuan penelitian bahwa hasil belajar menggunakan model PACE lebih baik dari pada menggunakan metode konvensional dengan presentase peningkatan sebesar 10,07 % berpengaruh tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi theoema pythagoras. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model PACE, sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan memperoleh mamfaatnya.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aldi Setiawan. (2017). Implementasi Optical Character Recognition (OCR) Pada Mesin Penerjemah Bahasa Indonesia Ke Bahasa Inggris. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) 1.2.
Aswan, Novita dan Yusra Fadhillah. 2022.“ Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model PACE Terhadap Hasil Belajar Statistik”, dalam Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya , Vol.2 No.1.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Erlangga.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi
Mahasatya.
Dwiyani, Syeppina, Syaiful, dan Haryanto, 2(021). “Pengaruh Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik”, dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.05, No.02.
Freire. (1999). Pembelajaran Konvensional. Tersedia di:
http://muhammadkholik.wordpress.com/2011/11/08/metode pembelajaran-konvensional/.
Hamalik, O. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Harahap, A. N., & Nurdalilah, N. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Penerapan Metode Inquiry. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 67-78.
Huda Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. (1995). The New Sourcebook for Teaching
Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Needham Heights: Allyn & Bacon.
Liviatan, t. (2008). Innovative teahing and assessment method: QBI and projec besed learning. Mathematis eduation researh journal, vol 10, 2,105-116.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika.
Bandung: PT.Refika Aditama.
Lee, Carl. (1999). An Assesment of the PACE Strategi for an Introduction Statistic Course.USA: Central Michigan University.
Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Purwoto. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika. Surakarta: Sebelas Maret
University Press.
Rifa’i, A dan Anni, C.T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES
Press.
Siregar, E., Arifin, M., & Lubis, S. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dengan Penggunaan Microsoft Excel Madrasah Aliyah Nahdlatul’Ulama Batang Toru. PeTeKa, 4(1), 52-57.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata, Sumadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo
Persada.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Buku Ajar Perkuliahan UPI.
Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta
Suryana, andri. (2013). Penerapan model pembelajaran PACE dalam meningkatkan kemampuan membuktikan matematis. Proceeding national seminar of matematic universitas negeri yogyakarta. Yogyakarta.
Wardhan,i, I. S. (2015). Menumbuhkan Tindak Pikir Kretif Melalui Model Pembelajaran PACE. Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M),1(1):35-38. Diunduh dari http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/.
Published
2024-07-01