Pengaruh Demonstrasi Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang

  • Habibah Rahmah Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Mohd. Arifin Universitas Graha Nusantara
  • Nurdalilah Universitas Graha Nusantara
Keywords: Metode Demonstrasi, Alat Peraga, Pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 76 siswa, dua kelas ini akan digunakan sebagai sampel penelitian. Kelas kontrol sebanyak 25 siswa dan kelas eksperimen 25 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan postest. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan . Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara demonstrasi alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs. Muhammadiya 22 Padangsidimpuan.

References

Afgani D., Jarnawi. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Alamsyah Said dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Grup.
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Drama Wijaya.
Eveline Siregar dan Hartati Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Harahap, A. N. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 330-334.
Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perdana Publishing.
Priyanto. 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2015. Metode Peanelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Roestiyah N.K. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.
Santrock, Jhon. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2001 Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suherman, Erman. 2000. et. al Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Surona. 2014. Pengertian Alat Peraga. http://massofa.wordpress.com.
Syukur, Abdul dkk. 2005. Ensklopedi Umum Untuk Pelajar. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.
Wilis, Ratna Dahar. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Published
2024-07-01
How to Cite
Habibah Rahmah Siregar, Mohd. Arifin, & Nurdalilah. (2024). Pengaruh Demonstrasi Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Jurnal Cermatika, 3(1), 10-18. Retrieved from https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/cermatika/article/view/1426