KORELASI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA DARING

  • Oktina Khoirunnisa universitas pamulang
Keywords: Learning Loss, Motivation to learn, Learning outcomes

Abstract

Indonesia experienced the Covid-19 pandemic, precisely at the beginning of 2020. This pandemic had an impact on various sectors, one of which was the education sector. Students and college students still have to follow the policies of the government to implement Distance Learning (PJJ). Although it has been supported by various technologies during the PJJ, there are still gaps that cause learning to be less effective. One of the things that is feared is that if the PJJ lasts for a long time, it will result in learning loss or reduced motivation, knowledge and skills academically. Online learning is learning that uses the internet network supported by learning applications.

References

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. 2020. Analisis Prestasi Belajar Matematika Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.

Arigiyati, T. A. 2016. Implementasi penilaian Autentik untuk dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRIMADIUN, 4(2), 122-128.

Ayu, C. 2017. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA N IX Koto Kabupaten Tanah Datar.J. Mat, 9(1), 1-6.

Awe, E. Y., & Benge, K. 2017. Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology,1(4), 231-238.

Bey, A., & Narfin, L. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kendari. MIPMIPA, 12 (2), 173-183.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. 2020. Motivasi Belajar SiswaSMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Alqur'an): Jurnal Pendidikan Islam,3(1), 123-140.

Cleopatra, M. 2015. Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasibelajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168-181.

Dompas, S. C., Alghadari, F., & Rosuwulan, R. A. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Pembelajaran Peer Tutoring dan Number Heads Together.In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Fimansyah, D. 2015. Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), 34-44.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. 2020. Motivasi belajar mahasiswa pada
pembelajaran daring selama pandemik covid-19.Jurnal Kependidikan: JurnalHasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

Guntara, A., Saeppani, A., Fadil, I., & Supriadi, F. 2020, October. Enterprise Information System Planning Using TOGAF Architecture Development Method on XYZ College.In 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-6).IEEE.

Irfan, M., Kusumaningrum, B., Yulia, Y., & Widodo, S. A. 2020. Challenges during the pandemic: use of e-learning in mathematics learning in highereducation. Infinity Journal, 9 (2), 147-158.

Jayul, A., & Irwanto, E. 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-199.

Kasih, A. 2021. PJJ Berlangsung 10 Bulan, Siswa Berpotensi Alami "Learning
Loss" [HTML file]. Tersedia: https://www.kompas.com/edu /read/2021/01/31/204931471/pjj- berlangsung-10-bulan-siswa- berpotensi-alami-learning-loss.
Kemdikbud. 2020. Pembelajaran dimasa Covid–19 [HTML file]. Tersedia:

https://www.kemdikbud.go.id/main/files/dow nload/c4c7ec76db850c3Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional [HTML file].

Lestari, E. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV se Kecamatan TuriSleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015.Skripsi Universitas PGRIYogyakarta.

estari, I. 2015. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar
matematika.Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115-125.

Lestari, W. 2017.Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajarterhadap hasil belajar matematika.Jurnal Analisa, 3(1), 76- 84.Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajarandi Rumah pada Masa Pandemi.Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak UsiaDini, 5(1), 549- 558.
Published
2022-10-13