IMPLEMENTASI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN GRAMMAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA

  • Ayunda Sabrina Sormin, Ayunda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: mind map, grammar, bahasa inggris

Abstract

Artikel menjelaskan penelitian berjudul “Implementasi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Grammar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa”. Pada penelitian terdahulu, teknik mind mapping banyak diujikan pada keterampilan membaca, sedangkan pada penelitian ini, mind mapping difokuskan pada grammar dengan asumsi peneliti melihat kendala pembelajar bahasa asing yang sama sekali baru dalam mempelajari bahasa keduanya. Teknik mind mapping diuji cobakan pada mahasiswa semester empat dengan tujuan untuk mengetahui apakah teknik mind mapping dapat mengkatkan kemampuan grammar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni dengan melibatkan dua kelompok subjek. Satu diberi perlakuan eksperimental dengan teknik mind mapping (kelompok eksperimen) dan kelompok lain (kelompok kontrol) diperlakukan dengan teknik pembelajaran biasa. Data diambil dengan dua cara, yakni kuantitatif dengan membuat instrumen berupa pre test dan post test pada kedua sampel kelas serta data kualitatif berupa wawancara untuk melengkapi hasil analisis data secara deskriptif. Selanjutnya, seluruh hasil data pre test dan post test dianalisis dengan mengukur normalitas data dan uji-t untuk mengetahui sejauh mana efektifitas teknik mind mapping berhasil diterapkan pada sampel. Untuk menguatkan hasil tersebut, hasil wawancara ditranskrip-si untuk melihat tanggapan atau respon dari sampel tentang teknik mind mapping pada pembelajaran grammar. Diperoleh hasil bahwa teknik mind mapping terbukti dapat meningkatkann kemampuan penguasaan grammar mahasiswa dan lebih efektif dipakai dibandingkan dengan cara konvensional.

Published
2018-06-24
Section
Articles