KEMAMPUAN PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF SISWA SMP DI PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan penguasaan kalimat efektif siswa kelas VIII SMP di Padangsidimpuan. Dengan pelaksanaan penelitian ini diharapkan akan diketahui apakah para siswa sudah mampu menggunakan kalimat efektif yang baik dan benar serta mencari upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menemukan pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, pada masalah-masalah yang actual. Alat pengumpul data diambil melalui tes yang ditujukan kepada para siswa. Adapun yang merupakan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Padangsidimpuan yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 333 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampel yaitu 25% dari jumlah populasi sebanyak 83 orang. Berdasarkan pengolahan dan analisis data maka dapat diketahui bahwa tingkat kemampuan penguasaan kalimat efektif siswa kelas VIII SMP di Padangsidimpuan adalah tergolong cukup dengan nilai rata-rata kemampuan siswa menguasai kalimat efektif = 73. Persentase nilai kemampuan peng-uasaan kalimat efektif siswa kelas VIII SMP di Padangsidimpuan adalah: a) Nilai sangat baik (A) sebanyak 9 orang dengan persentase 11 %, b) Nilai baik (B) sebanyak 33 orang dengan persentase 40 %, c) Nilai cukup (C) sebanyak 16 orang dengan persentase 19 %, d) Nilai sedang (D) sebanyak 25 orang dengan persentase 30 %, dan tidak terdapat siswa yang memiliki nilai kurang (E). Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kalimat efektif, dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan siswa tentang kalimat, kalimat efektif khususnya ciri-ciri kalimat efektif. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara menelaah (membaca) buku-buku yang berhubungan dengan kalimat dan kalimat efektif serta banyak melakukan latihan-latihan penggunaan kalimat efektif dalam menulis sehingga menjadisebuah tulisan yang mudah dipahami oleh pem-baca.