PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

  • LISNA AGUSTINA, Lisna Agustina Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematika

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematika dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan Model Pembelajaran Kontekstual. Adapun yang menjadi tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Apakah ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa antara yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran konvensional dan 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 6 Padang sidimpuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Analisi data menggunakan uji statistic t-test, sebelum data dianalisis terlebih dahulu diadakan pengujian persyartan analisis data yaitu ujinormalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,007 > 1,667 (dengan α 0,05), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematikas siswa yang signifikan di kelas eksperimen dibandingkan dengan di kelas kontrol.

Published
2018-12-19
Section
Articles