UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN METODE GUIDED-DISCOVERY PADA SISWA KELAS X-4 MAN 2 PADANGSIDIMPUAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2017

  • Yanti Helena, helena yanti MAN 2 Padangsidimpuan
Keywords: Hasil Belajar Kimia, Metode Guided Discovery

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran Kimia di kelas X-4 MAN 2 Padangsidimpuan dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Kimia, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Kimia digunakan Metode Guided Discovery pada siswa kelas X-4 MAN 2 Padangsidimpuan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X-4 MAN 2 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan.
Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran Kimia yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Metode Guided Discovery menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 54% dengan nilai rata-rata siswa 69,2. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80,2 dan ketuntasan 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Guided Discovery berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Kimia di kelas X-4 MAN 2 Padangsidimpuan.


Published
2018-12-19
Section
Articles