PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

Dosen di FKIP-UGN Padangsidimpuan

  • Dharma Gita Sari Harahap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Rianti Wardiah Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: : model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi, hasil belajar fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar Fisika kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada semester pertama dengan Materi Besaran dan Satuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan sebanyak 5 kelas diperkirakan sebanyak 148 orang siswa dan yang diambil sebagai sampel hanya satu kelas sebanyak 32 siswa. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah : (1) Dampak langsung penerapan model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi pada materi pokok Besaran dan Satuan dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri bebas modifikasi pada materi pokok Besaran dan Satuan memberikan dampak tidak langsung terhadap peningkatan hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, mengetahui bahwa belajar bukan hanya tentang apa saja yang dipelajari tetapi mengapa dan bagaimana cara mempelajarinya. Siswa juga Siswa ikut berpartisispasi secara aktif didalam kegiatan belajarnya, siswa benar-benar dapat memahami suatu konsep dan memiliki sikap ilmiah dan menimbulkan semangat ingin tahu para siswa serta dengan menemukan sendiri apa yang dipelajari siswa sehingga sulit dilupakan.

Author Biography

Rianti Wardiah, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2017-12-29
Section
Articles