PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATAKULIAH EVALUASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Dosen Matematika FKIP UNIKA Santo Thomas Sunatera Utara
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya kompetensi mahasiswa pada matakuliah evaluasi hasil belajar matematika khususnya dalam membuat instrument tes, membuat pedoman penskoran, melakukan ujicoba instrument tes dan melakukan analisis butir tes. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar Matematika selama proses pembelajaran dengan implementasi model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berjumlah 18 orang mahasiswa. Objek penelitian adalah peningkatan kompetensi mahasiswa pada matakuliah evaluasi hasil belajar matematika melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek. Hasil analisis data tes pengetahuan materi prasyarat yaitu rata-rata tingkat penguasaan materi prasyarat adalah 56,77 dengan standar deviasi 13,24. Data menunjukkan bahwa mahasiswa yang telah memiliki penguasaan materi prasyarat dengan kategori minimal cukup baik sebanyak 13 orang (72,22%) sedangkan mahasiswa yang belum memiliki penguasaan materi prasyarat yang baik sebanyak 5 orang (27,78%). Dengan demikian, seiring dengan berjalannya siklus 1 maka mahasiswa yang belum memiliki penguasaan materi prasyarat harus dibimbing oleh dosen untuk meningkatkan pengetahuan materi prasyaratnya. Hasil analisis data tes kompetensi mahasiswa pada matakuliah evaluasi hasil belajar matematika pada siklus I dengan rata-rata kompetensi mahasiswa pada matakuliah evaluasi hasil belajar materi instrumen tes (membuat tes) adalah 66,50 dengan standar deviasi 12,77. Mahasiswa yang belum memiliki kompetensi pada matakuliah evaluasi hasil belajar matematika sebanyak 4 orang mahasiswa (22,22 %), sedangkan mahasiswa yang telah memiliki kompetensi pada mata kuliah evaluasi hasil belajar matematika sebanyak 14 orang mahasiswa (77,77 %). Hasil analisis tes kompetensi mahasiswa pada mata kuliah evaluasi hasil belajar siklus II yaitu rata-rata kompetensi mahasiswa pada matakuliah evaluasi hasil belajar matematika pada siklus 2 adalah 79.00 dengan standar deviasi 9.33. Mahasiswa yang belum memiliki kompetensi dalam matakuliah evaluasi hasil belajar matematika sebanyak 2 orang (11,11 %), sedangkan siswa yang telah memiliki kompetensi pada mata kuliah evaluasi hasil belajar matematika sebanyak sebanyak 16 orang mahasiswa (88.89 %).