UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 BARUMUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Dosen Matematika FKIP di Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan antara lain: pertama, untuk mengetahui mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Barumun. Kedua, mengetahui besar peningkatan aktivitas siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Barumun. Ketiga, mengetahui besar peningkatan kinerja guru terhadap pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Barumun. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Barumun. dengan populasi siswa kelas XI-TKJ sebanyak 1 kelas yang berjumlah 23 orang dengan menggunakan metode sampel bertujuan (Purposive sampel method). Penelitian ini menggunkan metode Action Research dan data penelitian dianalisis dengan metode statistik. Penelitian menggunakan alat pengumpul data, yaitu tes pemecahan masalah matematika berskala 1:10. Penelitian menggunakan alat pengumpul data yang dikalibrasikan melalui pertimbangan (judgement) dari kedua dosen pembimbing. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pada umumnya siswa kelas XI-TKJ SMK Negeri 1 Barumun Kadar pemecahan masalah dan Aktivitas matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masih rendah, kedua, penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran NHT matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berpengaruh terhadap penurunan kadar pemecahan masalah dan aktivitas siswa kelas XI-TKJ SMK Negeri 1 Barumun Tahun Ajaran 2016-2017.