STUDI PENGARUH CARA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA DI SMA SWASTA KAMPUS PADANGSIDIMPUAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS VARIANSI MULTIVARIAT SATU ARAH (MANOVA)

Adek Nilasari Harahap Dosen di Prodi Pendidikan Matematika FKIP-UGN Padangsidimpuan

  • Adek Nilasari Harahap, nilasari Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Satu cara MANOVA, Mempelajari Perampungan, Sikapnya murid, Correlation

Abstract

Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris merupakan beberapa mata pelajaran yang diikutsertakan dalam Ujian Nasional yang disingkat dengan MABIBI. Ketiga mata pelajaran ini harus dikuasai oleh siswa karena penting untuk kehidupannya nanti. Sehingga perlu untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai materi yang dipelajari pada mata pelajaran tersebut. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah nilai UTS semester 1 Tahun ajaran 2015/2016 pada ketiga pelajaran. Sedangkan sampel yang diambil siswa Kelas XII IPA-1, XII IPA-3 dan XII IPA-6 SMA Swasta Kampus Padangsidimpuan. Adapun faktor yang menjadi fokus proyek ini adalah cara mengajar guru. Guru yang ber-beda diasumsikan memiliki gaya mengajar yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh guru yang berbeda terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran MABIBI; (2) apakah terdapat pengaruh guru yang berbeda terhadap sikap siswa pada pelajaran MABIBI; dan (3) apakah terdapat hubungan linier yang signifikan antara hasil belajar dan sikap siswa pada pelajaran MABIBI. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah uji MANOVA satu arah. MANOVA satu arah merupakan teknik yang digunakan untuk mengukur perbedaan rata-rata untuk dua atau lebih variabel dependen berdasarkan beberapa variabel yang bertindak sebagai prediktor. Agar uji MANOVA satu arah dapat diterapkan ada tiga asumsi yang harus terpenuhi yaitu populasinya saling bebas, berdistribusi normal dan homogenitas matrik varian/covarian. Nilai UTS MABIBI memenuhi semua kriteria untuk dilakukan uji MANOVA satu arah. Hasil uji MANOVA satu arah terhadap hasil belajar dan sikap siswa menunjukan bahwa: (1) untuk faktor kelas terhadap hasil belajar tidak terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara ketiga guru mata pelajaran di SMA Swasta Kampus Padangsidimpuan, (2) untuk faktor kelas terhadap sikap siswa tidak terdapat pengaruh sikap siswa antara ketiga guru baik di SMA Swasta Kampus Padangsidimpuan, (3) untuk hubungan antara hasil belajar dan sikap siswa pada pelajaran MABIBI pada ketiga kelas memiliki hubungan linier yang signifikan di SMA Swasta Kampus Padangsidimpuan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memperhatikan profesionalisme guru dalam mengajar untuk meningkatkan hasil yang lebih baik lagi terhadap hasil belajar dan sikap siswa tentunya.

Published
2018-11-28
Section
Articles