MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING DENGAN MENNGGUNAKAN ROLE PLAY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah role play Technique dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara melalui role play, serta faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan keterampilan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari plan, action, observation, dan reflection. Data penelitian ini dikumpulkan melalui: (1) lembar observasi; siswa, guru, langkah mengajar (2) catatan lapangan (3) wawancara, dan (4) tes berbicara. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan role play technique dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara melalui. Faktor- faktor yang mrmpengaruhi peningkatan keterampilan siswa dalam berbicara melalui adalah media pembelajaran yang menarik, materi yang menarik, kegiatan belajar dikelas yang menyenangkan, pengelolaan kelas yang menyenangkan, pendekatan guru yang menarik, dan strategi mengajar guru.