PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • ema lia sari
  • eni sumanti nasution
  • rodiah ulfah lubis
Keywords: model, pembelajaran, inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan“ Untuk memperoleh informasi tentang pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPA-Fisika pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 9 PadangsidimpuanTahun Pelajaran 2019-2020”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada semester pertama dengan materi listrik statis. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Padangsidimpuan kelas IX – 4 yang berjumlah 35 orang. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing pada pokok bahasan Listrik statis dapat meningkatkan hasil belajar IPA-Fisika siswa di kelas IX SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. (2) Penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing pokok bahasan Listrik statis memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan pemahaman siswa di kelas IX SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.

Published
2021-05-06