PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DI SMA NEGERI 2 SIABU

  • Laksmi Hasibuan
  • Henry Dinus Hutabarat,
  • Nurhasana Siregar
Keywords: Problem Based Learning, berpikir kritis, fluida

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Pokok Bahasan Fluida Di SMA Negeri 2 Siabu Pembimbing I bapak Drs. Henry Dinus Hutabarat, M.Pd dan Ibu Nurhasana Siregar, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi apakah terdapat pengaruh yang signifikan anatara pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan fluida di kelas XI SMA Negeri 2 Siabu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Siabu dengan sebjek penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol (XI IPA-2) berjumlah 24 siswa, dan kelas eksprimen (XI IPA-3) berjumlah 24 siswa dengan total sampel yang diambil sebanyak 48 oarng siswa dengan menggunakan metode sampel bertujuan (Purpose Sumple Method). Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen (Quasi Experimental Method) dan data penelitian dianalisis dengan metode statistik. Penelitian menggunakan alat pengumpul data yaitu tes kemampuan berpikir krirtis siswa. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Pokok Bahasan Fluida Di SMA Negeri 2 Siabu.

Published
2021-05-06