EFEK MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA MATERI GERAK PARABOLA KELAS X MAS DARUL IKHLAS PADANGSIDIMPUAN

  • Rizki Rahmadhani Lubis
  • Sri Utami Kholila
  • kas mawati
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Instruction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap keterampilan proses sains fisika siswa kelas X Mas Darul Ikhlas Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Mas Darul Ikhlas Padangsidimpuan kelas X1 yang berjumlah 11 orang dan X2 yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kps yang telah valid dan reliabel. Hasil perhitungan uji hipotesis kelas kontrol dan kelas eksperimen pada soal postes diperoleh thitung = 2,742 > 2,080 = ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efek model pembelajaran problem based instruction terhadap keterampilan proses sains.

Published
2021-05-06