ANANLISIS TINGKAT KOGNITIF BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM (REVISI) PADA SOAL MEMBACA TEKS DI DALAM BUKU PENDAMPING PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kognitif soal-soal pada buku pendamping siswa kelas VIII tentang teks bacaan berdasarkan taksonomi bloom yang direvisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah soal-soal pada buku pendamping siswa kelas VIII tentang teks bacaan, yang ditulis oleh E. Nirmala Kusumaning Ayu dan Susiningsih, yang diterbitkan CV. Grahadi (2021) sebanyak 185 butir. Pada penelitian ini secara bertahap akan dianalisis tingkat kognitif pada soal-soal tersebut berdasarkan proses kognitif yang digunakan dalam penyelesaiannya. Tingkat kognitif untuk masing-masing soal tersebut digolongkan ke dalam enam tingkat kognitif berdasarkan indikator kognitif berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Berdasarkan temuan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa level ranah kognitif yang dominan berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi yang digunakan dalam latihan membaca pada Buku Pedamping Siswa SMP Kelas VIII” adalah level mengingat dengan persentase 68,1%. Kemudian dilanjutkan dengan level pemahaman dengan persentase 19%, level analisis dengan persentase 7%, level evaluasi dengan persentase 5,4%, dan level penerapan dengan persentase 0,5%. Sementara itu, tidak ada pertanyaan milik untuk membuat level. Hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang mendukung ketercapaian Kompetensi Dasar, yaitu 30% untuk C1 dan C2, 40% untuk C3 dan C4, dan 30% untuk C5 dan C6.