PENGARUH PROGRAM MEMBACA EKSTENSIF (EXTENSIVE READING PROGRAM) TERHADAP PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DAN LITERASI MAHASIWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan program membaca ekstensif (extensive reading program) mampu meningkatkan kosa kata bahasa Inggris dan kemampuan literasi mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Kegiatan extensive reading program (ERP) diadakan selama 4 minggu dengan 10 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan sampel kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 10 orang mahasiswa. Kelas eksperimen diberikan program membaca dengan menggunakan strategi membaca ekstensif sedangkan kelas kontrol tidak mengikuti program tersebut. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes sebelum dan sesudah dilakukan proses pengajaran reading dan angket. Data yang telah diperoleh dianalisa menggunakan SPPS versi 20. Dari hasil analisis data pada kelas ekperimen, diketahui bahwa nilai rata-rata pada test akhir untuk tes ukuran kosa kata dan kemampuan literasi adalah 68.49 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 53.84. Sementara nilai uji t pada kedua kelas ekperimen dan kontrol lebih kecil dari α (0.00<0.05). Ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa membaca ekstensif dapat mempengaruhi peningkatan kosa kata bahasa Inggris dan kemampuan literasi mahasiswa.