UPAYA MENINGKATKAN INDEKS PRESTASI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN BLOG PADA MAHASISWA SEMESTER 4 JURUSAN MANAJEMEN UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA

  • Ade Maya Mey Shanty Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Ferawati Artauli Hasibuan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Yusra Fadhillah Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Indeks Prestasi, Model Pembelajaran, Blendeed Learning

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan pada indeks prestasi mahasiswa mata kuliah Perekonomian Indonesia mahasiswa semester 4 jurusan manajemen dimana sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, sehingga indeks prestasi mahasiswa yang didapat rendah. Untuk meningkatkan indeks prestasi mahasiswa pada mata kuliah Perekonomian Indonesia diterapkan model pembelajaran Blended Learning dengan Blog pada mahasiswa semester 4 jurusan manajemen. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilakukan dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada ketuntasan 59,3% adalah 65 atau dalam huruf C, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata 79 atau dalam huruf B dan kelengkapan 81,3%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Blended Learning dengan Blog dapat meningkatkan indeks prestasi mahasiswa pada kuliah Perekonomian Indonesia mahasiswa semester 4 jurusan manajemen.

Published
2018-04-30