PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DASAR MAHASISWA
Abstract
Artikel ini memuat hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan pada semester Ganjil 2021/2022. Prosedur pelaksnaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Graha Nusantara yang berjumlah 25 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar mahasiswa.Analisis dat amenggunakan analisis data kuantitatif dengan menghitung nilai N-Gain Score hasil belajar mahasiswa dari nilai pretest dan posttest diawal dan akhir siklus penelitian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar Matematika mahasiswa semester I Program Studi Agribisnis pada setiap siklus penelitian.Pada siklus I hasil belajar mahasiswa mencapai ketuntasan 52% sementara itu pada siklus II persentase ketuntasan belajar mencapai 92% dengan peningkatan sebesar 40%. Skor N-Gain pada siklus I sebesar 27% dan siklus II 65%, hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 38% dengan kategori N-Gain skor sedang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika.