UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI, TENTANG PERBEDAAN, KESETARAAN DAN HARMONI SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SEMESTER 1 (SATU) DI SMAN 1 PASIR PENYU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) T.P 2021/
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman dan menguasaan materi Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial oleh peserta didik, sehingga prestasi belajarnya akan meningkat, dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). Berpijak pada penjelasan sebelumnya, yaitu mengenai penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar sosiologi dalam materi Perbedaan, Kestaraan dan Harmoni Sosial pada siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasir Penyu Tahun Pelajaran 2021/2022, akhirnya penulis mengambil kesimpulan : Penggunaan teknik pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada pelajaran sosiologi dalam materi Perbedaan, Kestaraan dan Harmoni Sosial, siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasir Penyu Tahun Pelajaran 2021/2022 , adalah baik. Hal ini dapat diketahui bahwa Atas dasar hasil penelitian yang telah dilaksanakan, akhirnya dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Penerapan Teknik Kooperatif tipe NHT pada materi Perbedaan, Kestaraan dan Harmoni Sosial ternyata berhasil memotivasi aktivitas belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 4, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada tiap-tiap siklus.Pada Siklus 1 dalam tahap kegiatan Kooperatif tipe NHT yang semula rata-rata aktivitas siswa ( 79,41 % ) kemudian meningkat menjadi ( 79,76% ) pada tahap penguatan. Demikian juga pada Siklus 2, pada tahap kegiatan Kooperatif tipe NHT yang semula rata-rata aktivitas siswa ( 80,05 % ) kemudian meningkat menjadi ( 86,05 % ) pada tahap penguatan. (2) Keberhasilan penerapan Teknik Kooperatif tipe NHT dalam materi Perbedaan, Kestaraan dan Harmoni Sosial dalam rangka meningkatkan pemahaman belajar peserta didik, sehinggan prestasi belajarnya akan lebih baik, terutama mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI IPS 3 semakin diperkuat dengan pelaksanaan tes hasil belajar. Terbukti : ( a ) nilai rata-rata siswa yang semula 79,82 pada Siklus 1 meningkat menjadi 87,85 pada Siklus 2; ( b ) siswa yang menguasai bahan ajar atas dasar SKBM patokan sekolah yang ditentukan 78, yang semula 11 orang (49,28 %), pada Siklus 1 meningkat 71,42 % yaitu menjadi 20 orang , dan selanjutnya 30 orang (100 %) pada Siklus 2. (3) Keberhasilan penerapan Teknik Kooperatif tipe NHT dalam materi Perbedaan, Kestaraan dan Harmoni Sosial, dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap materi tersebut, sehingga prestasi belajarnya akan lebih baik lagi. Hal ini terlihat dari hasil angket pertanyaan 1 pada siswa. Terbukti dari 28 orang siswa, 27 (75 %) orang diantaranya menganggap pelaksanaan teknik Kooperatif tipe NHT sangat menyenangkan. Selain penyebaran angket pertanyaan 2 pada siswa itu terdapat 22 orang siswa (61,11 %) dari 30 orang siswa, mengaggap agak mudah mempelajari materi Perbedaan, Kestaraan dan Harmoni Sosial melalui teknik Kooperatif tipe NHT.