IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DISIVION ALTERNATIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FLUIDA DINAMIK BAGI SISWA DI KELAS XI-IPA-4 SMA NEGERI 2 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk perbaikan kinerja penulis sebagai guru mata pelajaran Fisika dan menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif type Student Teams Achievement Division (STAD) dalam proses belajar mengajar sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar fluida dinamik di kelas XI-IPA-5 SMA Negeri 2 Sibolga pada tahun pelajaran 2019/2020 semester ganjil. Penelitian ini dilakukan di kelas XI-IPA-5 yang ditempati oleh 35 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap aktivitas duru guru, siswa, hasil uji kompetensi dan catatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi siswa terhadap materi fluida dinamik pada siklus I sebesar 59.43 % dan pada siklus II sebesar 91.43 %. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 32.00 %. Peningkatan motivasi belajar siswa, memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa secara individu dengan nilai rata-rata mencapai 80.09 dengan ketuntasan belajar sebesar : 88.57 %.