UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR DRAMA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS XI-IPA-5 SMA NEGERI 2 SIBOLGA T.P. 2018/2019

  • Asima Dewi Pardede SMA Negeri 2 Sibolga
Keywords: Ketuntasan Belajar, Drama, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk perbaikan kinerja penulis sebagai guru mata pelajaran Proses belajar mengajar merupakan suatu interaksi dari berbagai komponen: materi, metode, media, siswa dan guru yang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Harapannya adalah siswa mencapai tujuan belajar. Untuk setiap materi pelajaran, siswa harus mencapai tingkat ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85 % dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 75 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI yang ditetapkan melalui kegiatan musyawarah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di awal tahun pelajaran. Apabila hasil evaluasi siswa menunjukkan perolehan nilai 75 atau lebih maka siswa tersebut dinyatakan telah tuntas. Sebaliknya jika seorang siswa memperoleh nilai kurang dari 75 maka siswa tersebut dinyatakan tidak tuntas. Kegiatan Penelitian tindakan kelas ini Penulis memilih Metode Demonstasi agar suasana pembelajaran menjadi aktif dalam menyelesaikan masalah drama. Sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat mudah tercapai. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat kelompok kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Demonstrasi   terjadi adanya peningkatan hasil dan ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari test akhir uji kompetensi (postes) siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas 79,66 yang semula 63,29. Peningkatan ketuntasan sebesar 54,29%.  Dari hasil isian angket yang diberikan kepada 35 siswa menyatakan proses belajar mengajar menggunakan metode Demonstrasi   menyenangkan.

Author Biography

Asima Dewi Pardede, SMA Negeri 2 Sibolga

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Sibolga

Published
2021-11-15