MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IA 1 POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN LKS SMA NEGERI 6 PADANG SIDEMPUAN

  • Henni Yuniarti SMA Negeri 6 Padang Sidempuan
Keywords: kooperatif, trigonometri, hasil belajar.

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal utama yang didambakan dalam melaksanakan pendidikan di sekolah. Langkah guru dalam menetapkan metode yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan, sehingga peningkatan hasil belajar siswa dapat tercapai. Proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan Trigonometri khususnya sub pokok bahasan aturan sinus, kosinus dan luas daerah segitiga di SMA Negeri 6 Padang Sidempuan memperoleh hasil yang memuaskan,  dengan nilai rata - rata untuk tahun pelajaran 2018/2019 hanya mencapai 63. Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IA 1 SMA Negeri 6 Padang Sidempuan pokok bahasan Trigonometri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IA 1 SMA Negeri 6 Padang Sidempuan pokok bahasan Trigonometri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IA 1 SMA Negeri 6 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran 2018 - 2018 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 20siswa putra dan 15 siswa putri, seorang guru Matematika Kelas X IA 1 SMA Negeri 6 Padang Sidempuan, dan seorang observer. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes formatif, lembar observasi guru, siswa dan aktivitas diskusi kelompok serta angket refleksi terhadap pembelajaran. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 70% hasil belajar siswa kelas X IA 1 SMA Negeri 6 Padang Sidempuan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019 pokok bahasan Trigonometri sudah mencapai sekurang - kurangnya 65. Pada siklus 1 rata-rata kelasnya mencapai 67.31, siswa yang tuntas sebanyak 20 anak (51.28%) dan yang tidak tuntas sebanyak 19 anak (48.72%) dengan nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 45. Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh  sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk prosentasi ketuntasan masih dibawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 75, siswa yang tuntas sebanyak 30 anak (84.62%) dan yang tidak tuntas sebanyak 5 anak (15.38%) dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 53. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IA 1 SMA Negeri 6 Padang Sidempuan pokok bahasan Trigonometri. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS pada pokok bahasan Trigonometri untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa.

Author Biography

Henni Yuniarti, SMA Negeri 6 Padang Sidempuan

Guru Matematika

Published
2018-05-31
Section
Articles