PENGGUNAAN MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA TOPIK ELEKTROLISIS DI KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI 1 RENGAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil upaya guru dengan menerapkan model siklus belajar dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa pada topik elektrolisis. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XII IPA 4 terdiri dari 34 orang siswa dan 1 orang guru sebagai subyek penelitian. Penelitian diawali dengan penggalian masalah, merumuskan masalah, menentukan pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, membuat perencanaan tindakan untuk siklus pertama dengan menggunakan model siklus belajar. Data perkembangan diperoleh melalui laporan praktikum, observasi sikap dan evaluasi hasil belajar (pos tes). Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan instrumen Lembar Kerja Siswa, lembar observasi sikap. Analisis terhadap implementasi model siklus balajar (learning cycle) pada topik elektrolisis mengambarkan: pertama penggunaan model siklus belajar menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa hingga daya serap ketuntasan belajar siswa mencapai 80 untuk sebanyak 82 % peserta didik, kedua meningkatkan keterampilan proses siswa hingga memiliki nilai rata-rata kelas keterampilan sebesar 87 untuk seluruh peserta didik.