PENINGKATAN PERAN KETUA PROGRAM KEAHLIAN DALAM MENYUSUN PROGRAM PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID -19 DI SMK NEGERI 1 SEBERIDA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT)
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), melalui In House Training (IHT) untuk meningkatkan kompetensi ketua program keahlian dalam menyusun program pembelajaran pada masa pandemi di SMK Negeri 1 Seberida, Kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu provinsi Riau. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kompetensi ketua program keahlian dalam menyusun program pembelajaran terlihat dari supervisi pada prasiklus. karena berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan dengan ketua program keahlian SMK Negeri 1 Seberida terungkap bahwa mereka pada umumnya mengalami kesulitan dalam program pembelajaran khususnya pada masa pandemi COVID-19. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam merancang penyusunan program pembelajaran, pada kondisi awal rata-rata kompetensi ketua program keahlian dalam menyusun program pembelajaran hanya 67, pada siklus 1 meningkat dengan nilai rata-rata 76 dan kondisi pada siklus 2 meningkat menjadi 83, dengan demikian kompetensi ketua program keahlian meningkat setelah dilaksanakannnya In House Training. Pada kondisi awal dari 6 guru yang di observasi 4 diantaranya msh berada pada kategori kurang (33,3%) yaitu kompetensi Kaprog Keahlian ATPH, APHP, APAT dan OTKP. Pada siklus 1 meningkat 66,7% (4 dari 6 orang yang berhasil) tapi belum mencapai keberhasilan klasikal pada siklus 2 meningkat menjadi 100%, dengan demikian kompetensi ketua program keahlian dalam menyusun program pembelajaran sudah mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 85%. Hasil kegiatan pelaksanaan In House Training (IHT) menunjukkan guru-guru SMKN 1 Seberida mendapatkan wawasan pengetahuan, pemahaman konsep dan terampil menyusun program pembelajaran untuk meningkat kompetensi dan keahlian peserta didik pada program yang ditekuninya.