PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI E-LKPD PADA MATERI LAMBANG UNSUR, RUMUS KIMIA DAN PERSAMAAN REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMKN 1 SEBERIDA TP 2021/2022
Abstract
Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penggunakaan aplikasi Google Form sebagai e-LKPD dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi pada semester ganjil kelas X tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research atau yang biasa disebut dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Populasi pada PTK ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMKN 1 Seberida pada tahun pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 34 orang peserta didik yang tergabung dalam satu kelas yaitu kelas X Multimedia di SMKN 1 Seberida. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Pembelajaran pada materi lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi dengan menggunakan e-LKPD melalui Google Form dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, yaitu dari rata-rata hasil belajar 57,35 meningkat menjadi 73,53 dan persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, yaitu dari 44,12% meningkat menjadi 82,35%. Hasil observasi oleh observer pada saat pembelajaran berlangsung pada siklus I diperoleh hasil untuk peserta didik dengan skor persentase 75,00% dengan kategori baik dan untuk pendidik dengan skor persentase 78,12% dengan kategori baik. Hasil observasi pada siklus II Idiperoleh hasil untuk peserta didik dengan skor persentase 90,00% dengan kategori sangat baik dan untuk pendidik dengan skor persentase 93,75% dengan kategori sangat baik.