UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIFITAS SISWA KELAS V SDN 200508 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Sri Erwita Nasution Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan
Keywords: kemampuan siswa, pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PABS)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran berorIentasi aktifitas siswa di kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, wawancara dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 200508 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 20 orang. dan yang menjadi objek penelitian ini adalah Hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 200508 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dilakukan pada 3 siklus. Di mana dalam setiap siklus tersebut terdapat suatu peningkatan yang dialami oleh siswa kelas V. Dalam setiap siklusnya memperoleh nilai rata-rata pada pra siklus 59%, pada siklus I 66%, pada siklus II 76%, pada siklus III 90%.

Author Biography

Sri Erwita Nasution, Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan

Guru di Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan

Published
2022-01-25
Section
Articles