PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS SURAT RESMI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini tentang pengaruh keterampilan menulis surat pribadi dengan menggunakan teknik 3M. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman peserta didik kelas XI IPS-1 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan dalam menulis surat resmi dengan diterapkannya teknik 3M (mengamati, meniru, dan menambahi) tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS-1 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini bermanfaat untuk pendidik agar lebih memperhatikan beberapa aspek dalam pembelajaran menulis khususnya dalam menulis surat resmi. Aspek yang digunakan dalam analisis terdapat enam indikator, yaitu ketepatan isi surat, kelengkapan unsur surat, kepantasan format surat, ketepatan kata, ketepatan kalimat, serta ejaan dan tata tulis. Sebelum menggunakan metode 3M (mengamati, meniru, dan menambahi) dalam pembelajaran keterampilan menulis surat resmi pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata kelas 51,2 dengan kategori kurang. Kemudian pada siklus I dan siklus II digunakanlah metode 3M dalam pembelajaran tersebut, pada hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,9 dengan kategori cukup karena nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM), kemudian dilanjut dengan tes siklus II, maka diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 84 dengan kategori baik. Berdasarkan data tersebut bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis pada siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, setelah diterapkan metode 3M dalam pembelajarannya, sehingga mendapat nilai yang diharapkan dan respon positif siswa, dengan dibimbing langsung secara individu, siswa merasa sangat diperhatikan dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, mereka lebih aktif dan dan kreatif dari biasanya.