PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP TINGKAT KONSUMSI MELALUI BUDAYA BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA PADANGSIDIMPUAN

  • Abdelina Abdelina Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Makhrani Makhrani Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: pendapatan, konsumsi, budaya belanja online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan oleh pendapatan terhadap tingkat konsumsi melalui budaya belanja online sebagai variabel moderasi. Hipotesis pertama menguji apakah pendapatan berpengaruh terhadap tingkat konsumsi. Hipotesis kedua menguji apakah budaya belanja online merupakan variabel moderasi dalam hubungan antara pendapatan dan tingkat konsumsi.  Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Ekonomi Pembangunan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dalam menentukan sampel. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan pada responden, dan dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan uji moderasi dengan metode selisih nilai mutlak. Hasil dari penelitian ini melihat bahwa secara bersama-sama pendapatan dan budaya belanja online berpengaruh signifikan terhadap tingkat konsumsi mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan. Secara parsial, variabel pendapatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat konsumsi mahasiswa jurusan program studi Ekonomi Pembangunan. Hasil lain yang dapat disimpulkan adalah bahwa variabel budaya digital merupakan variabel moderasi dalam hubungan antara variabel pendapatan dan variabel tingkat konsumsi.

Author Biographies

Abdelina Abdelina, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Program Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi

Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

 

Makhrani Makhrani, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Program Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi

Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

 

Published
2021-12-23