EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 BATANG TORU

  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran E-learning, Media Online

Abstract

Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran e-learning di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilaksanakan di kelas SMA Negeri 1 Batang Toru. Adapun masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni bagaimana perubahan pembelajaran melalui tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media Online seperti: Whatsapp Group, Google Classroom, dan Zoom Meeting pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang Toru, semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini yakni penggunaan media online pada perubahan waktu pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran serta proses belajar menjadi jarak jauh.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas rata-rata siswa dalam pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia selama pandemi Covid-19 dikategorikan cukup efektif meskipun terjadi perubahan waktu pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran serta proses belajar menjadi jarak jauh.

Author Biography

Robiyatul Adawiyah, Universitas Graha Nusantara

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

FKIP-UGN Padangsidimpuan

Published
2021-04-20