ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH BERSUBSIDI PADA PT. NATO JAYA GRUP PADANGSIDIMPUAN

  • Rizky Mery Octavianna Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Yusuf Pathuansyah Universitas Graha Nusantara
Keywords: Marketing Mix, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis Apakah Marketing Mix berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi Pada PT. Nato Jaya Grup Padangsidimpuan. Untuk menganalisis bagaimana pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi Pada PT. Nato Jaya Grup Padangsidimpuan.Metode penelitian merupakan suatu cara atau teknik yang dapat digunakan untuk membantu peneliti mengenai urutan-urutan dalam melaksanakan penelitian. Pengertian metode penelitian menurut Sugiyono (2011:2) adalah sebagai berikut: “Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional empiris dan sistematis.” Maka dari itu penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif. Hasil analisis diperoleh nilai signifikansi untuk variabel Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian 0,000. Nilai ini lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05 ). Nilai t hitung 6,890 sedangkan nilai t tabel adalah 1,677. Maka nilai t hitung > t tabel yaitu 6,890 > 1,677. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Jadi, Marketing Mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi Pada PT. Nato Jaya  Grup Padangsidimpuan. Dari hasil pengolahan data komputerisasi dengan menggunakan program SPSS versi 21 maka diperoleh koefisien determinasi (R2) = 0,697. Hal ini menunjukkan bahwa Marketing Mix mampu meningkatkan Keputusan Pembelian sebesar 69,7% sedangkan sisanya (100% – 69,7% = 30,3 %) dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti atau tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi dan lokasi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian rumah di PT. Nato Jaya  Grup Padangsidimpuan. Hal ini mengindikasikan bahwa elemen-elemen marketing mix seperti produk, harga, promosi dan lokasi perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi pemasar karena variabel-variabel tersebut akan mempengaruhi pertimbangan-pertimbangan konsumen dalam pengambilan keputusan pembeliannya.

Author Biographies

Rizky Mery Octavianna Lubis, Universitas Graha Nusantara

Fakultas Ekonomi (Manajemen)

Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Yusuf Pathuansyah, Universitas Graha Nusantara

Fakultas Ekonomi (Manajemen)

Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2021-08-15
Section
Articles