HUBUNGAN PENGUASAAN PRINSIP ILMU SEJARAH DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NAGERI 1 BATANG ONANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejarah penguasaan prinsip penguasaan sains dengan prestasi belajar sejarah siswa di kerajaan Muslim di Indonesia pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Onang. Populasinya adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batang Onang yang terdiri dari 103 siswa. Teknik pengambilan sampel acak dilakukan untuk mengambil sampel. Sampel penelitian terdiri dari 33 siswa. Berdasarkan analisis data, skor rata-rata penguasaan prinsip ilmu sejarah relasi adalah 59,54 dalam kategori "gagal". Sementara penguasaan siswa tentang sejarah kerajaan-kerajaan Muslim di Indonesia adalah 77,27 dalam kategori "baik". Berdasarkan analisis data inferensial dengan menggunakan rXY, didapatkan 0,483 sedangkan rtabel 0,344 atau (0,483> 0,344). Artinya hipotesis penelitian ini diterima. Dengan kata lain ada hubungan penguasaan prinsip sains sejarah dengan prestasi belajar sejarah siswa di kerajaan Muslim di Indonesia pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Onang.