ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN LINTAS SUMATERA GUNUNG TUA KM. 12 KABUPATEN PALUTA

(STUDI KASUS STA 12 + 000 S/D 15/00)

  • Ahmad Rafii Universitas Graha Nusantara
Keywords: Kerusakan, Volume, Lalu – Lintas.

Abstract

Jalan Lintas Sumatera, Gunungtua termasuk wilayah kerja administrasi Dinas Pertanian Padangbolak, Dinas Perhubungan Padangbolak, Puskesmas Padangbolak, serta daerah pendidikan seperti: SMP Negeri 4 Padangbolak. Pada penelitian ini lokasi yang akan diamati pada KM 12 sampai dengan (s/ d) KM 15. Kerusakan – kerusakan yang terdapat di Jalan Lintas Sumatera KM 12 s/d KM 15, Gunungtua antara lain: umur rencana jalan, genangan air pada permukaan jalan yang tidak dapat mengalir akibat drainase yang kurang baik, kelebihan tonase kendaraan yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari umur rencana jalan, perencanaan yang tidak tepat, pengawasan yang kurang baik dan pelaksanaan yang tidak sesuai dengan standart yang ada. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab dan mengidentifikasi permasalahan kerusakan pada Ruas Jalan Lintas Sumatera, Gunungtua. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penulisan tugas akhir ini adalah dengan mengumpulkan data Primer ialah data yang menggunakan diperoleh dari hasil pengamatan/ survei di lapangan, dan data Sekunder ialah data yang sudah tersusun yang bersumber dari Intansi terkait atau Badan – Badan terkait, adapun datanya seperti: data Kontrak Proyek yang didapat dari  Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara (PALUTA), dan referensi Buku Perencanaan Pembangunan Transportasi dan Buku Pondasi Jalan yang didapat dari perpustakaan Fakultas Teknik, Universitas Graha Nusantara (UGN) Kota Padangsidimpuan.Berdasarkan hasil pengukuran pada kerusakan ruas jalan, dapat dilihat pada Segmen I KM 12 s/d KM 13 kerusakan yang diperoleh sebesar: 7,2 %, Segmen II KM 13 s/d KM 14 kerusakan yang diperoleh sebesar: 2,20 %, Segmen III KM 14 s/d KM 15 kerusakan yang diperoleh sebesar: 10,12 %. Sedangkan berdasarkan total nilai Volume Lalu - Lintas segmen I pada KM 12 sampai dengan (s/ d) KM 15, adapun nilai yang didapat sebesar: 973,630 SMP/ Jam. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penyebab utama kerusakan pada ruas jalan ialah kelebihan tonase kendaraan yang menyebabkan pakai jalan lebih pendek dari umur rencana  jalan.

Author Biography

Ahmad Rafii, Universitas Graha Nusantara

Dosen Program Studi Teknik Sipil

Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

 

Published
2021-09-10
Section
Articles