PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ENERGI DAN USAHA DIKELAS X SEMESTER I SMA SWASTA WIRA BANGSA DI KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL

  • Sri Utami Kholilah Mora Siregar Universitas Graha Nusantara
Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap  hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Energi dan Usaha di kelas X semester I SMA Swasta Wira Bangsa kecamatan siabu kabupaten mandailing natal. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Swasta Wira Bangsa kecamatan siabu kabupaten mandailing natal. yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 231 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang terdiri dari 4 pilihan jawaban dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 44,19 dengan simpangan baku 17,72, dan nilai rata-rata kelas kontrol 43,23  dengan simpangan baku 15,95. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1290 dan Ltabel = 0,1497, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1025, dan Ltabel = 0,1497, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,234 dan Ftabel = 1,780 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung  = 0,336 ttabel = 1,998, sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71,81 dengan simpangan baku 18,37, dan kelas kontrol 63,23 dengan simpangan baku 17,59. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,676 dan ttabel = 1,668, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian  diperoleh ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap  hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Energi dan Usaha di kelas X semester I SMA Swasta Wira Bangsa kecamatan siabu kabupaten mandailing natal. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 80,09 termasuk kategori baik.

Author Biography

Sri Utami Kholilah Mora Siregar, Universitas Graha Nusantara

Dosen Universitas Graha Nusantara

Published
2021-08-10
Section
Articles