UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN

  • Rianti Wardiah SMP Negeri 1 Hutaraja Tinggi
Keywords: metode eksperimen, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hutaraja Tinggi pada Pembelajaran IPA pada materi sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang berjulah 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, skala aktivitas siswa, dan LKS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I pertemuan I menunjukkan peningkatan pemahaman konsep IPA Siswa. Hasil Penelitian yaitu penerapan pembelajaran  dengan metode eksperimen, melatih siswa terampil dalam memperhatikan eksperimen, melakukan eksperimen atau percobaan, berdiskusi antar sesama teman dan mengemukakan pendapat antar teman dan guru, mempresentasikan hasil eksperimen dan tanya jawab antar siswa dan guru. Penerapan pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA  siswa dalam pembelajaran. Hal-hal yang mendukung peningkatan aktivitas siswa adalah guru lebih menguasai pembelajaran  dengan metode eksperimen pada materi sifat-sifat cahaya sehingga dapat menjelaskan, mengarahkan, dan membimbing siswa dengan baik.

Author Biography

Rianti Wardiah, SMP Negeri 1 Hutaraja Tinggi

Guru IPA SMP Negeri 1 Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas

Published
2021-04-05