PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH TEKNIK ANALISA DATA

  • NOVITA ASWAN Universitas Graha Nusantara
Keywords: pembelajaran problem based learning, hasil belajar, ketuntasan belajar.

Abstract

Artikel ini memuat hasil dari penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) dengan menggunakan metode tutorial pada mata kuliah teknik analisa data ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada program studi peternakan fakultas pertanian universitas graha nusantara. Tujuan diterapkannya problem based learning pada mata kuliah ini adalah untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep Teknik Analisa data pada permasalahan – permasalahan terbuka yang berhubungan dengan  dosenan - dosenan bidang peternakan.selaian itu kerberhasilan penerapan PBL ini akan dilihat dari hasil belajar mahasiswa pada setiap latihan-latihan dan nilai ujian akhir mahasiswa.  Hal ini dikarenakan, mahasiswa selalu mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan konsep analisis data pada statistika ke dalam permasalahan – permasalahan bidang peternakan. Mahasiswa cenderung sulit menentukan bentuk analsiis data yang digunakan pada satu permasalahan. Indikator keberhasilan dosenan ini adalah minimal 85% mahasiswa program studi peternakan memperoleh hasil belajar yang baik yaitu nilai 70.  Hasil penerapan PBL pada mata kuliah Teknik Analisa data dengan materi rancangan acak menunjukan bahwa hasil belajar mahsiswa program studi peternakan mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut adalah 70,31 %, 78,13% dan 89,06%. Hasil yang diperoleh sudah mencapai indikator keberhasilan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan persentase hasil belajar mahasiswa secara klasikal.

Author Biography

NOVITA ASWAN, Universitas Graha Nusantara

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Graha Nusantara

Published
2021-08-10
Section
Articles