MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 3 : LINGKUNGAN SEKOLAHKU MELALUI METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA DI KELAS I.A SD NEGERI 152979 PANDAN I T.P. 2019/2020

  • Tiwardani Tarihoran SD Negeri 152979 Pandan I
Keywords: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Abstract

Belajar bukan suatu yang berdiri sendiri, melainkan bertalian dengan sejumlah perubahan-perubahan yang mempengaruhi pembinaan kurikulum sekolah. Perubahan-perubahan tersebut antara lain : perubahan dalam sifat dan pola ilmu pengetahuan manusia, perubahan-perubahan mengenai pengertian kita tentang anak dan cara belajar dan perubahan dalam media komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan  siswa memecahkan masalah  tema 6 subtema 3 : Lingkungan Sekolahku sehingga   hasil belajarnya dapat meningkat di Kelas I-A SD Negeri No. 152979 Pandan 1  semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat  tahap  kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode demonstrasi  terjadi adanya peningkatan  hasil  belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari test memperoleh nilai rata-rata kelas 74.92  yang semula 55.32.  Dari hasil isian angket yang diberikan kepada 25 siswa yang masuk pada hari itu dimintai tanggapannya mengenai proses belajar mengajar menggunakan Metode demontrasi   ternyata dari 25 siswa kelas I-A  tersebut diperoleh data bahwa 100% responden menyatakan Metode demonstrasi  lebih jelas dan menyenangkan. Sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa Metode Demonstrasi  tepat dan bermanfaat sebagai metode pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil   belajar siswa terutama pada  tema 6 subtema 3 : Lingkungan Sekolahku.

Author Biography

Tiwardani Tarihoran, SD Negeri 152979 Pandan I

Guru Kelas di SD Negeri 152979 Pandan I, Tapanuli Tengah

Published
2021-06-10
Section
Articles